Rabu, 29 Maret 2017

Pengertian dan Macam-Macam Barang dan Jasa atau Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Tags

Alat pemuas kebutuhan manusia secara umum dikenal dengan istilah barang dan jasa. Pengertian barang/ jasa secara umum  adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia  atau pemuas kebutuhan manusia.

Apa perbedaan antara barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan manusia ? Barang yaitu setiap benda yang memiliki wujud, bisa disentuh, diraba, dirasakan sehingga memberikan nilai guna bagi manusia penggunanya secara langsung. Sedangan pengertian jasa secara umum adalah benda tak berwujud/abstrak yang juga berfungsi sebagai alat pemuas kebutuhan manusia.

Alat pemuas kebutuhan manusia dapat dibedakan berdasarkan sifat, fungsi (tujuan penggunaan), wujud, cara penggunaan, dan cara pengerjaannya. Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam barang dan jasa :



alat pemuas kebutuhan manusia

Macam-macam Barang Menurut Sifatnya


Pembagian barang menurut sifatnya adalah pembagian barang dan jasa berdasarkan tingkat kelangkaan dan ketersediaan barang tersebut. Untuk itu, maka menurut sifatnya barang dibedakan menjadi barang ekonomis dan barang bebas.
  • Barang ekonomis, adalah barang yang jumlahnya terbatas bila dibandingkan dengan kebutuhan manusia, sehingga untuk memperolehnya memerlukan pengorbanan, baik tenaga maupun uang. Misalnya makanan, minuman, pakaian, rumah, dan air mineral.
  • Barang bebas, adalah barang yang tersedia dan tidak terbatas jumlahnya, sehingga untuk memperolehnya tanpa mengeluarkan pengorbanan. Barang bebas adalah barang yang telah disediakan oleh alam dan bisa didapatkan dengan mudah. Contoh barang bebas antara lain adalah  udara, sinar matahari, air, angin, dan hujan.


Macam-Macam Barang Menurut Fungsinya


Menurut fungsinya atau tujuan penggunaannya, alat pemuas kebutuhan manusia atau barang dan jasa dibedakan menjadi barang konsumsi dan barang modal.
  • Barang konsumsi, adalah barang yang sudah jadi dan dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia . Barang konsumsi disebut juga barang siap pakai atau barang jadi. Contoh barang konsumdi adalah buku, tas, pakaian, smartphone, televise, dan lain-lain.
  • Barang produksi/barang modal, adalah barang yang tidak langsung memenuhi kebutuhan manusia/konsumen, tetapi merupakan alat pembantu dalam proses produksi. Misalnya mesin produksi, gedung/bangunan pabrik, tanah, dan bahan baku.
  • Barang Illith, yaitu barang yang jika tersedia dalam jumlah berlebihan maka akan menjadi mengerikan. Contohnya adalah air dan api. Dalam keadaan normal, air menjadi berkah untuk minum, mandi, mengairi sawah, dan lain-lain. Dalam jumlah berlebih, air menjadi banjir yang bisa membunuh dan merugikan manusia secara materi. Api menjadi berkah ketika memasak, tetapi ketika berlebihan api menjadi penyebab kebakaran.


Macam-Macam Barang Menurut Wujudnya


Menurut wujudnya, alat pemuas kebutuhan dibedakan menjadi barang konkret (berwujud) dan barang abstrak (tidak berwujud).
  • Barang konkret, adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang sifatnya nyata, berupa zat, dapat diraba, dirasakan dan dilihat. Barang konkret sifatnya adalah materi. Misalnya pakaian, televisi, computer, laptop, mobil, villa mewah, dan lain-lain.
  • Barang abstrak atau immaterial, adalah alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak dapat diraba dan dilihat tetapi dapat dirasakan, atau lebih dikenal dengan jasa. Misalnya nama baik (goodwill), hak cipta, merk dagang, jasa pengiriman barang, jasa SEO, dan lain-lain.


Macam-Macam Barang Menurut Cara Penggunaannya


Menurut cara penggunaannya, barang dapat dibedakan menjadi barang substitusi dan barang komplementer.
  • Barang substitusi adalah barang yang dapat saling mengantikan, artinya bila tidak ada barang yang satu, maka dapat digantikan dengan barang yang lainnya. Misalnya baju dengan kaos, teh dengan kopi, mobil dengan sepeda motor, dan kompor dengan tungku.
  • Barang komplementer, adalah barang yang dapat saling melengkapi, artinya cara penggunaannya digabungkan dengan barang yang lain. Misalnya baju dengan celana, kopi dengan gula, mobil dengan bensin, dan kompor dengan minyak tanah.


Macam-macam barang Menurut Cara Pengerjaannya


Berdasarkan proses pengerjaannya, barang dapat dibagi menjadi barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.
  • Barang mentah/bahan mentah, adalah barang yang baru dihasilkan oleh alam berupa hasil pertanian, dan hasil perkebunan. Contoh barang mentah antara lain adalah biji kopi, padi, jagung, kapas, dan lain-lain.
  • Barang setengah jadi adalah barang yang masih dalam proses produksi dan belum bisa langsung dikonsumsi. Contoh barang setengah jadi antara lain yaitu bubuk kopi, beras, tepung, kain, dan lain-lain.
  • Barang jadi, adalah barang yang telah selesai mengalami proses produksi dan langsung dapat dikonsumsi, misalnya sayur lodeh, nasi, roti, pakaian, sepatu, tas, dan lain-lain.


Dari penjelasan di atas, kita bisa tahu bahwa barang dan jasa sangat penting bagi kebutuhan manusia. Manusia senantiasa membutuhkan barang dan jasa untuk menjaga kelansungan hidupnya. Dengan adanya alat pemuas kebutuhan manusia, maka kehidupan di muka bumi bisa terus berlangsung. 

Demkianlah penjelasan mengenai pengertian barang dan jasa atau alat pemuas kebutuhan manusia serta macam-macam barang dan jasa. Semoga bermanfaat.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon