Senin, 27 Februari 2017

Peran Negara atau Pemerintah dalam Kegiatan Ekonomi

Tags

Negara adalah komunitas sosial, politik dan ekonomi. Pemerintah adalah salah satu dari unsur negara. Pemerintah adalah pelaku kegiatan ekonomi. Peran pemerintah dalam kegiatan perekonomian antara lain sebagai berikut :

Sebagai konsumen

Sebagai konsumen, pemerintah membeli dan mengonsumsi berbagai barang dan jasa untuk mengelola negara. Misalnya membeli jasa pegawai, kendaraan dinas, kertas, alat-alat kantor, listrik, telepon, WC mewah, gedung baru, dan lain-lain. Sebagai konsumen, maka pemerintah harus mengeluarkan dana untuk pembelian barang dan jasa tersebut. Dana pemerintah diperoleh dari APBN ( Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ) yang sumbernya berasal dari pajak yang dibayarkan oleh rakyat.


Peran Negara atau Pemerintah dalam Kegiatan Ekonomi

Sebagai produsen

Sebagai produsen dalam kegiatan ekonomi, maka pemerintah menghasilkan barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut diproduksi oleh suatu badan usaha milik pemerintah. Sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 33 ayat 2 dan 3, pemerintah bertugas menyediakan barang dan jasa yang penting dan vital bagi masyarakat.

Melalui BUMN, pemerintah menyediakan barang dan jasa tersebut. Minyak dan gas bumi disediakan oleh PT Pertamina, listrik disediakan oleh PT PLN, jasa transportasi udara disediakan oleh PT Garuda, jasa transportasi disediakan oleh Perum Damri, jasa perbankan disediakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia, dan lain-lain.


Sebagai regulator


Sebagai regulator dalam kegiatan perekonomian, maka pemerintah bersama dengan DPR membuat peraturan dalam kegiatan ekonomi yang tujuannya mendorong kegiatan ekonomi agar lebih optimal dan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Misalnya Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN, Undang-Undang Nomor 1 tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing, dan lain-lain.

Kita dapat melihat dari penjelasan di atas bahwa negara atau pemerintah memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah seyogyanya dan seharusnya memberikan pelayanan yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam menjalankan perannya sebagai konsumen, maka sudah sewajarnya jika pemerintah mengandalkan barang-barang hasil produksi dari dalam negeri. Pemerintah juga sudah sepatutnya menggunakan jasa tenaga kerja yang berasal dari kalangan pribumi dari pada jasa pekerja luar negeri.
Sebagai produsen, pemerintah ditekankan untuk menyediakan fasilitas yang mumpuni sehingga kehidupan masyarakat tidak terganggu. Misalnya saja dengan menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan transportasi umum, seperti kemacetan, kejahatan, kecelakaan, dan lain-lain.


Demikianlah penjelasan mengenai peran pemerintah atau negara dalam kegiatan ekonomi. Semoga kita bisa menyadari bagaimana besarnya peranan pemerintah dalam kegiatan perekonomian yang ada dalam suatu negara. Terima kasih.     


EmoticonEmoticon