Senin, 27 Februari 2017

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum

Tags

Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai pengertian ilmu ekonomi secara umum. Ilmu ekonomi disosialisasikan di dalam masyarakat sebagai upaya menyadarkan masyarakat dalam menggunakan perspektif ekonomi. Program kesadaran ekonomi dipersiapkan dengan pendidikan yang membudayakan ekonomi.  Anggota masyarakat yang memiliki pendidikan dan wawasan ekonomi diharapkan dapat mengaplikasikan perspektif ekonomi dalam mencapai pertumbuhan ekonomi.

Masalah apa sebenarnya yang dianalisis oleh para ahli ekonomi sejak era Marx dan Adam Smith hingga generasi sekarang ? jawaban tersebut dapat diamati dari beberapa karakteristik ilmu ekonomi yaitu sebagai berikut :
  1. Ilmu ekonomi menanyakan barang apa yang akan diproduksi, bagaimana barang dan jasa itu diproduksi, dan untuk siapa barang dan jasa itu diproduksi.
  2. Ilmu ekonomi menganalisis setiap gerakan dan perubahan yang terjadi dalam keseluruhan ekonomi, seperti kecenderungan tren dalam harga, hasil produksi, penganggaran, da perdagangan di dalam dan luar negeri. Begitu gejala tersebut dipahami, maka ilmu ekonomi dapat dimanfaatkan oleh pemerintah untuk mengembangkan kebijakan-kebijakan ekonomi dalam upaya keterbukaan perekonomian suatu bangsa.
  3. Ilmu ekonomi mempelajari perdagangan di antara berbagai negara. Ilmu ini membantu menjelaskan mengapa negara-negara mengekspor komoditi tertentu dan mengimpor yang lain. Ilmu ini juga menganalisis pengaruh  pembatasan terhadap perdagangan internasional.
  4. Ilmu ekonomi merupakan ilmu mengenai pilihan, yaitu bagaimana orang memilih dalam menggunakan berbagai sumber daya yang relative terbatas atau langka, seperti tenaga kerja, mesin dan peralatan, uang untuk produksi dan menghasilkan berbagai komoditas, dan penyalurannya kepada berbagai kelompok masyarakat yang menyalurkannya.
  5. Ilmu ekonomi merupakan suatu studi tentang uang, perbankan, modal, dan kekayaan.
  6. Ilmu ekonomi merupakan suatu disiplin yang berkenaan dengan efisiensi  pengalokasian sumber-sumber yang  langka untuk mencapai kepuasan setinggi-tingginya.
  7. Ilmu ekonomi dapat dipandang sebagai studi tentang produksi dan distribusi semua sumber-sumber yang langka, baik dalam bentuk barang yang konkret maupun barang atau jasa yang sifatnya abstrak dalam memenuhi setiap kebutuhan individu yang ada di dalam kelompok masyarakat.

Menurut Paul A. Samuelson, ilmu ekonomi dalam melakukan kedua peran di atas dibedakan ke dalam dua aspek, yaitu aspek normative dan aspek positif. Berdasarkan aspek positif, ilmu ekonomi menggambarkan fakta dan perilaku dalam perekonomian, misalnya penyebab kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sementara aspek normatif, ilmu ekonomi melibatkan etika dan pertimbangan nilai.



Ilmu ekonomi, pendidikan ekonomi, dan ekonomi pendidikan di masyarakat perlu disebarluaskan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan pemahaman dan produktivitas kerja dengan menggunakan program pengajaran mikro ekonomi. Ilmu ekonomi memberikan pengajaran kepada masyarakat luas tentang masalah-masalah yang terkait beberapa hal sebagai berikut :
1. Mengajarkan sumber langka.
2. Mengajarkan produksi.
3. Mengajarkan konsumsi.
4. Mengajarkan pemasaran.
5. Mengajarkan investasi.
6. Mengajarkan menabung.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian ilmu ekonomi secara umum. Semoga bermanfaat untuk kita semua.


EmoticonEmoticon