Senin, 27 Februari 2017

Peran Rumah Tangga Keluarga Dalam Kegiatan Ekonomi

Tags

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai peran rumah tangga keluarga dalam kegiatan perekonomian. Rumah tangga atau konsumen adalah kelompok orang yang terikat dalam hubungan kekeluargaan. Karena terdiri dari beberapa orang, rumah tangga atau keluarga merupakan sebuah unit pelaku ekonomi. Rumah tangga memegang peranan penting dalam kegiatan perekonomian masyarakat. Berikut ini adalah peran rumah tangga dalam kegiatan ekonomi.

Sebagai konsumen

Sebagai konsumen, rumah tangga membeli dan mengkonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Perusahaan mendapatkan keuntungan dari penjualan barang dan jasa tersebut. Sebaliknya rumah tangga dapat memperoleh pendapatan karena keerlibatannya dalam proses produksi. Rumah tangga dapat menyewakan alam, bekerja, dan memberikan modal dalam proses produksi.

Sebagai penyedia faktor produksi bagi perusahaan

Sebagai penyedia faktor produksi, rumah tangga memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi. Rumah tangga menawarkan tenaga kerja, lahan, dan modal. Anggota keluarga merupakan sumber tenaga kerja. Saat bekerja di perusahaan, tenaga kerja akan memberikan sumbangsih berupa tenaga, pikiran dan waktu. Timbal baliknya, maka anggota keluarga akan mendapatkan upah.

Rumah tangga juga memegang peranan sebagai pemilik lahan atau tanah. Tanah yang disewakan kepada perusahaan ini tentu saja tidak gratis karena ada biaya sewa. Modal atau uang yang disimpan di bank oleh konsumen akan disalurkan kepada pengusaha. Bank memberikan bunga kepada keluarga dari uang yang disimpannya di bank, sedangkan perusahaan sebagai produsen akan mendapatkan modal dari dana yang disimpan oleh sebuah unit rumah tangga.

Dalam keadaan tertentu, rumah tangga keluarga juga dapat berperan sebagai konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi. Yaitu sebagai produsen barang dan jasa. Contohnya adalah menanam padi di lahan sendiri, mencuci pakaian sendiri tanpa jasa laundry, mengecat rumah, memasak, dan sebagainya.

Ketika menanam padi, maka rumah tangga berperan sebagai produsen dan menghasilkan barang yang nantinya akan dikonsumsi, yaitu padi. Seandainya mencuci pakaian, mobil, mengecat rumah, dan memasak tidak dilakukan sendiri dan menggunakan bantuan orang lain, maka rumah tangga produsen hanya berperan sebagai konsumen yang membeli jasa orang lain. Jika dilakukan sendiri, berarti rumah tangga keluarga melaksakan perannya sebagai konsumen dan juga produsen.


Peran Rumah Tangga Keluarga Dalam Kegiatan Ekonomi


Demikianlah penjelasan mengenai peran rumah tangga keluarga dalam kegiatan ekonomi. Tanpa adanya rumah tangga keluarga, maka tentunya kegiatan perekonomian tidak akan pernah bisa berjalan seperti saat ini. Semoga bermanfaat. 


EmoticonEmoticon