Rabu, 18 Januari 2017

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier

Tags

Penggolongan kebutuhan menjadi kebutuhan primer, sekunder dan tersier atau kebutuhan mewah adalah penggolongan kebutuhan berdasarkan intensitas kegunaannya. Berdasarkan intensitas kegunaan berarti kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya dan urgensinya dalam kehidupan manusia. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pengertian kebutuhan primer, sekunder dan tersier dan contoh kebutuhan primer, sekunder dan tersier dalam kehidupan sehari-hari. Perlu kita tahu juga bahwa kebutuhan ini berbeda-beda antara satu profesi dengan profesi lain. Bayi, anak-anak, orang tua, tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda dengan pelajar. Berikut ini penjelasan lengkapnya.


Pengertian dan contoh kebutuhan primer


Pengertian kebutuhan primer secara umum adalah kebutuhan yang harus dipenuhi lebih dahulu dibandingkan kebutuhan lain oleh manusia agar bisa melangsungkan hidupnya. Jika kebutuhan primer tidak terpenuhi sejak awal, maka aktivitas manusia akan mengalami gangguan dan hambatan.

Contoh kebutuhan primer manusia adalah makanan dan minuman atau kebutuhan pangan, pakaian atau kebutuhan sandang, dan tempat tinggal atau kebutuhan papan. Kita bisa membayangkan jika salah satu dari kebutuhan primer ini tidak terpenuhi.

Manusia membutuhkan makanan dan minuman untuk bisa melangsungkan hidup, karena makanan merupakan sumber energy. Makanan yang baik harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan zat penting lainnya. Tanpa makanan dan minuman, manusia bisa mati dengan cepat.

Manusia membutuhkan pakaian, karena pakaian menunjukkan status sosial dan melindungi manusia dari sengatan langsung sinar matahari atau terpapa debu. Manusia yang tidak memiliki pakaian dianggap bermasalah. Bahan pakaian manusia pada awalnya berasal dari kulit kayu atau binatang buruan. Saat ini pakaian manusia telah berkembang karena adanya bisnis fesyen. Kita bisa menemukan pakaian sederhana dengan harga murah di took-toko online seperti Lazada atau Blibli. Bagi orang mampu, maka harga gaun atau stelan jas mahal produk Louis Vuitton atau Armani adalah kebutuhan primer mereka.

Untuk tempat tinggal, manusia pada zaman batu biasa hidup di gua atau di atas pohon. Di era moderen, tempat tinggal manusia berupa apartemen mewah,  perumahan biasa, rumah susun, hingga kolong jembatan. Bagi yang berkanong tebal, biasanya tempat tinggal mereka adalah hotel-hotel berbintang lima. Harga sewa kamar hotel yang mahal bukan masalah. Tanpa tempat tinggal, manusia bisa mudah terserang penyakit dan cuaca. 

Di era moderen, kebutuhan primer manusia tidak hanya sebatas pada kebutuhan sandang, pangan dan papan di atas. Saat ini jaminan kesehatan dan pendidikan sudah menjadi kebutuhan primer manusia.

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier

Pengertian dan contoh kebutuhan sekunder


Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang akan dipenuhi manusia jika kebutuhan primernya telah terpenuhi. Umumnya, semua masyarakat sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan sekundernya. Contoh kebutuhan sekunder antara lain adalah alat-alat rumah tangga, seperti kompor, panci, piring, gelas, meja, rice cooker, kompor gas, dan lain-lain.

Kebutuhan sekunder memiliki tingkat urgensi yang cukup tinggi untuk masyarakat kelas menengah. Untuk masyarakat miskin, terkadang kebutuhan sekunder gagal mereka penuhi, karena untuk memenuhi kebutuhan primer saja masih sulit.

Keluarga dengan pendapatan 1 juta per bulan bisa memenuhi kebutuhan sekunder mereka seperti yang di atas. Sedangkan keluarga yang penghasilannya pas-pasan, bahkan sulit untuk bisa makan. 
Jika kebutuhan sekunder manusia tidak terpenuhi, maka manusia masih bisa bertahan hidup. Akan tetapi, hidupnya akan kurang berkualitas.


Pengertian dan contoh kebutuhan tersier


Kebutuhan tersier atau biasa disebut juga dengan kebutuhan mewah adalah kebutuhan yang akan dipenuhi manusia jika kebutuhan primer dan sekundernya telah terpenuhi. Apa saja contoh kebutuhan tersier atau kebutuhan mewah ini ? antara lain adalah smartphone canggih, mobil keren sekelas Lamborghini, vila mewah, dan lain-lain.

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan mewah yang jika tidak dipenuhi, maka manusia tidak akan mengalami masalah dalam melangsungkan hidupnya. Orang-orang yang menggatungkan kebahagiannya kepada barang cenderung untuk memenuhi kebutuhan tersiernya. Kebutuhan tersier juga berperan untuk meningkatkan status sosial seseorang.

Jadi, jangan heran jika kita melihat ada orang yang menghasbiskan uangnya hanya untuk membeli jam tangan rolex mahal. Tidak perlu heran jika ada orang membelo mobil Ferrari padahal Avanza juga cukup keren.

Klasifikasi suatu kebutuhan apakah termasuk kebutuhan primer, sekunder atau tersier bukanlah hal mutlak. Tingkat kebutuhan manusia bergantung pada tingkat ekonomi setiap individu.
Sebagai contoh :

Sebuah keluarga yang pendapatannya 1 juta per bulan, memiliki kebutuhan primer berupa makanan, pakaian dan tempat tinggal. Kebutuhan sekunder mereka antara lain adalah rice cooker, kompor gas, lemari, TV 14 inch, dan lain-lain. Sedangkan motor adalah kebutuhan tersier bagi keluarga itu.

Keluarga yang pendapatannya 10 juta per bulan memiliki kebutuhan primer yang sama dengan keluarga yang pendapatannya 1 juta per bulan. Hanya saja, kebutuhan sekunder keluarga ini antara lain adalah motor, TV layar besar 42 inchi, kulkas harga mahal, dan lain-lain. Sedangkan kebutuhan tersier mereka adalah mobil keluarga sekelas Daihatsu Xenia. Smarthone cangging dari Apple juga merupakan kebutuhan mewan bagi keluarga ini.

Keluarga yang pendapatannya 100 juta rupiah per bulan memiliki kebutuhan primer yang sama, hanya saja kelasnya berbeda. Mereka akan makan makanan mahal, daging, dan makana kualitas tinggi. Bagi keluarga ini, mobil hanyalah kebutuhan sekunder untuk menunjang aktivitas mereka. Smartphone terbaru Samsung atau Apple adalah kebutuhan primer mereka. Sedangkan kebutuhan tersier mereka jauh lebih mewah lagi. Misalnya saja liburan ke luar negeri, punya jet pribadi, koleksi mobil sport mewah seperti Mercedes dan Ferari, dan lain-lain.

Selain tingkat ekonomi, ada banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Misalnya saja profesi. Bagi seorang petani smartphone android terbaru adalah kebutuhan tersier, sedangkan bagi pelajar, smartphone baru adalah kebutuhan sekunder dan bagi seorang pialang saham, smartphone android terbaru adalah kebutuhan primer untuk menunjang karir dan penampilannya.

Demikianlah penjelasan pengertian dan contoh kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Semoga bermnfaat untuk kita semua.  


EmoticonEmoticon