Senin, 27 Februari 2017

Peran Masyarakat Luar Negeri dalam Kegiatan Perekonomian

Tags

Untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri suatu negara perlu adanya hubungan dengan negara lain. Oleh karena itu, peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekonomi tidak bisa disepelekan. Tidak semua negar dapat memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh rakyatnya. Sebagai contoh, Malaysia membutuhkan tenaga kerja dari Indonesia. Indonesia membutuhkan Amerika Serikat untuk mengelola tambang, negara-negara Eropa membutuhkan Indonesia untuk memperoleh batik, kopi luwak, dan lain-lain.

Untuk melangsungkan kegiatan perekonomian dengan lancar, maka semua negara termasuk Indonesia melakukan hubungan ekonomi dengan berbagai negara lain di seluruh dunia. Hubungan tersebut dapat berupa perdagangan, kegiatan ekspor impor, ketenagakerjaan, dan permodalan.

Berikut ini adalah uraian mengenai kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat luar negeri terhadap suatu negara.

Perdagangan

Kegiatan perdagangan merupakan kegiatan yang melibatkan masyarakat luar negeri. Salah satu bentuk kerja sama perdagangan adalah kegiatan ekpor impor. Misalnya saja, Indonesia mengimpor karet ke Jepang yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan ban mobil. Sedangkan Jepang mengekspor produk-produk hasil produksi seperti otomotif dan mesin-mesin ke Indonesia. Kedua belah pihak mendapatkan tambahan devisa dari kegiatan perdagangan tersebut.


Peran Masyarakat Luar Negeri dalam Kegiatan Perekonomian

Pertukaran tenaga kerja

Masyarakat Indonesia banyak mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri, mereka yang bekerja di luar negeri ini akan memberikan devisa bagi bangsa Indonesia. Selain masyarakat Indonesia yang bekerja di luar negeri, masyarakat dari negara lain juga masih banyak yang bekerja di Indonesia. Masyarakat luar negeri yang bekerja di Indonesia ini tentunya bukan tenaga kerja kasar, melainkan tenaga-tenaga ahli yang bekerja pada perusahaan-perusahaan untuk mengerjakan proyek tertentu yang membutuhkan penguasaan teknologi tinggi atau modal besar. Tidak heran jika tambang emas di Papua dikelola PT Freeport dari Amerika.


Sumber penanaman modal asing

Penanaman modal asing di suatu negara merupakan  salah satu cara untuk meningkatkan kemakmuran penduduk di suatu negara. Bagi Indonesia, investasi di negara lain sangat menguntungkan. Indonesia menarik bagi para investor asing karena harga tenaga kerja di Indonesia lebih murah dibandingkan harga tenaga kerja di negara lain. Di samping itu, Indonesia merupakan bangsa pasar yang besar karena  jumlah penduduknya sangat besar.


Pemberi pinjaman

Untuk melaksanakan pembangunan, suatu negara membutuhkan dana yang sangat besar. Pada saat suatu negara mengalami kesulitan keuangan, maka negara akan meminjam dari negara lain atau badan keuangan internasional. Lembaga keuangan internasional itu antara lain adalah World Bank, IMF, ADB, IDB, dan lain-lain. Di sinilah peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan perekonomian suatu negara.


Pemberi bantuan

Bantuan yang diberikan oleh masyarakat luar negeri bisa diwujudkan dalam bentuk proyek-proyek pembangunan fisik atau kegiatan pelayanan dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Bantuan tersebut diberikan kepada negara yang membutuhkan secara cuma-cuma tanpa harus mengembalikan.


Demikianlah penjelasan mengenai peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekonomi. Semoga bermanfaat untuk kita semua.


EmoticonEmoticon