Selasa, 17 Januari 2017

Pengertian Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan dalam Ilmu Ekonomi

Tags

Di era moderen, kebutuhan manusia sangat banyak dan sudah tidak terbatas lain. Rasa haus dan keinginan manusia untuk terus memenuhi keinginannya membuat kebutuhan manusia semakin meningkat. Pada awalnya manusia hanya butuh makan, kemudian butuh pakaian, tempat tingal, barang elektronik, smartphone baru, motor sport, mobil mewah, tas bermerek, hingga ingin memiliki jet pribadi bahkan pulau pribadi. Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia ini tidak terbatas

Manusia kadang memuskan kebutuhan yang tidak mereka perlukan. Seperti contoh adalah orang yang sudah memiliki mobil Ferrari, masih juga menginginkan Lamborghini. Oleh karena itu, maka pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai macam-macam kebutuhan agar kita bisa membedakan mana kebutuhan yang penting dan mana yang belum penting.

Kebutuhan manusia dibagi menjadi 4, yaitu berdasarkan intensitas kegunaannya, berdasarkan bentuk dan sifatnya, berdasarkan subjenya, dan berdasarkan waktunya.

Pengertian Kebutuhan dan Macam-Macam Kebutuhan dalam Ilmu Ekonomi


Macam-macam kebutuhan menurut intensitas kegunaannya diukur berdasarkan tingkat urgensinya atau prioritasnya dalam kehidupan. Menurut intensitas kegunaannya, kebutuhan terdiri dari :
  1. Kebutuhan primer, yaitu kebutuhan pokok minimal yang harus dipenuhi manusia untuk melangsungkan hidupnya. Tanpa kebutuhan primer, kehiduan individu yang ebrsangkutan akan terhambat. Contoh kebutuhan primer adalah makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal.
  2. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan nomor 2 yang menjadi prioritas seteah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh kebutuhan sekunder antara lain adalah alat elektronik, baju sekolah, sepeda, alat rumah tangga.
  3. Kebutuhan tersier atau kebutuhan  mewah adalah kebutuhan yang dipenuhi untuk menunjukkan status sosial si pemilik. Contoh kebutuhan tersier antara lain adalah perhiasan mahal, mobil sport, klub sepak bola, tas branded seperti Hermes, dan lain-lain.

Macam-macam kebutuhan berdasarkan bentuk dan sifatnya terbagi menjadi 2, yaitu :
  1. Kebutuhan jasmani, yaitu kebutuhan yang dibutuhkan untuk menjaga fisik manusia seperti kesehatan dan penampilan. Contoh kebutuhan jasmani adalah makanan sehat, pakaian, obat-obatan, suplemen, olahraga, dan lain-lain.
  2. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang sifatnya spiritual yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rohani jiwa manusia. Contoh kebutuhan rohani adalah rekreasi, traveling ke luar negeri, umroh, ibadah, membaca, dan lain-lain.


Macam-macam kebutuhan menurut subjeknya dibagi menjadi 2, yaitu :
  1. Kebutuhan individu, yaitu kebutuhan yang dibutuhkan oleh individu atau orang per orang. Kebutuhan individu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, pelajar membutuhkan alat tulis sedangkan petani membutuhkan cangkul.
  2. Kebutuhan kelompok atau kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang dibutuhkan oleh banyak orang secara bersama-sama. Contoh kebutuhan kolektif antara lain adalah WC umum, jalan raya, fasilitas kesehatan, dan lain-lain.


Macam-macam kebutuhan menurut waktunya antara lain adalah :
  1. Kebutuhan sekarang, yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat itu juga. Misalnya kebutuhan untuk minum pada saat merasa haus.
  2. Kebutuhan masa depan, yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan pada masa yang akan datang. Contohnya adalah kebutuhan pendidikan anak.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kebutuhan dan macam-macam kebutuhan manusia. Semoga bermanfaat untuk kita semua.  


EmoticonEmoticon