Senin, 16 Januari 2017

11 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia dan Contohnya

Tags

Kita semua tahu bahwa kebutuhan setiap manusia berbeda-beda. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia ada banyak jumlahnya. Pada artikel sebelumnya tentang kebutuhan primer, sekunder dan tersier terlihat jelas bahwa jenis profesi antara pelajar, petani dan pialang saham memiliki kebutuhan yang berbeda. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa kebutuhan masing-masing pribadi manusia berbeda-beda. Tetangga anda yang miskin, mungkin hanya butuh makan sehari-hari dengan layak. Yang lainnya membutuhkan kendaraan bermotor, karena sangat butuh untuk membantu pekerjaannya sebagai tukang ojek online, sedangkan yang lainnya butuh mobil karena bosan dengan motornya yang sudah butut, meskipun baru dibeli setahun yang lalu. Mengapa bisa seperti itu ? itulah ilustrasi singkat yang menggambarkan bagaimana kebutuhan manusia bisa berbeda-beda. Untuk itu, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai faktor yg mempengaruhi kebutuhan manusia beserta contohnya.


faktor yang mempengaruhi kebutuhan

Adat istiadat


Perbedaan adat istiadat antara satu daerah dengan daerah lainnya menyebabkan jenis kebutuhan manusianya juga berbeda. Sebagai contoh adat pernikahan antara masyarakat di Pulau Jawa berbeda dengan masyarakat di Sulawesi. Di Jawa mahar pernikahan hanya berupa seperangkat alat sholat sudah merupakan hal yang biasa. Sedangkan di Sulawesi butuh mahar yang lebih banyak dari itu.


Agama atau kepercayaan


Antara agama yang satu dengan agama yang lain memiliki ritual yang berbeda sehingga kebutuhannya juga berbeda. Bagi masyarakat Islam misalnya, pada hari raya idul Adha akan membutuhkan kambing dan sapi sebagai kurban. Sedangkan bagi masyarakat Bali yang menganut agama Hindu, sapi tidak boleh disembelih karena merupakan hewan suci.


Hobi atau kegemaran


Orang yang hobinya adalah otomotif tentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan yang hobinya adalah olahraga beladiri. Bagi penghobi otomotif contohnya, bisa mengoleksi mobil-mobil mewah atau mobil antik adalah sebuah kebutuhan. Sedangkan pribadi yang hobi beladiri, sudah bisa merasa kebutuhannya hidupnya terpenuhi dengan mengikuti kursus beladiri atau pergi ke gym.


Jenis kelamin


Gender atau jenis kelamin tentu saja merupakan faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia yang tidak boleh kita lupakan. Wanita butuh segalanya,  contoh kebutuhan wanita adalah mulai dari make up, tas branded, gaun yang menarik, berlian dan perhiasan mahal, dan lain-lain. Sedangkan pria cenderung menyukai hal-hal seperti mobil atau motor sport, koleksi jam tangan, sepatu olahraga, dan lain-lain.


Kondisi alam atau tempat tinggal


Kondisi alam atau tempat tingga secara langsung mempengaruhi kebutuhan manusia. Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar pantai, maka perahu, mata pancing, kail, senar dan jaring adalah kebutuhan primer. Sedangkan bagi masyarakat di kawasan pegunungan seperti pegunungan Dieng membutuhkan cangkul, traktor atau sapi untuk menggarap lahan mereka.


Pendidikan


Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka semakin beragam pula kebutuhannya. Misalnya saja, pelajar SMP hanya membutuhkan alat tulis sederhana seperti buku, pulpen, dan buku pelajaran. Sedangkan seorang mahasiswa membutuhkan computer atau Laptop untuk menunjang aktivitas perkuliahannya.


Peradaban


Masyarakat yang belum tersentuh peradaban memiliki kebutuhan yang sederhana. Bisa berburu dan mendapatkan makanan untuk keluarga mereka sudah cukup untuk kelangsungan hidupnya. Sedangkan masyarakat yang memiliki peradaban yang lebih maju butuh banyak hal, seperti tas branded dari Hermes, smartphone android canggih, internet, dan lain-lain.


Profesi atau pekerjaan


Seorang pengacara tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda dengan seorang petani. Agen asuransi juga memiliki kebutuhan yang berbeda dengan nelayan. Pengacara dan agen asuransi butuh telepon seluler atau smartphone canggih untuk berkomunikasi dengan klien. Sedangkan petani dan nelayan hanya butuh cangkul dan kail untuk mencari rezeki.


Status ekonomi atau pendapatan


Perbedaan status ekonomi atau pendapatan menyebabkan manusia memiliki kebutuhan yang berbeda. Sebagai contoh, orang kaya butuh mobil atau motor sebagai kebutuhan sekunder. Sedangkan orang miskin menganggap mobil dan motor sebagai kebutuhan mewah.


Tingkat kepuasan


Tingkat kepuasan setiap individu berbeda-beda dan mempengaruhi kebutuhan manusia. Bagi individu yang satu, menghabiskan uang untuk membeli barang mewah seperti sepatu olah raga keren atau motor sport akan sangat memuaskan perasaan mereka. Sedangkan bagi individu lain, menghabiskan uang untuk membeli pengalaman seperti Kursus dansa, belajar bahasa asing baru dan traveling ke tempat baru lebih berkesan.


Usia


Di usia satu tahun, manusia hanya butuh popok dan makanan bayi serta asi untuk memenuhi kebutuhannya. Bernajak jadi balita, ia mulai membutuhkan mainan. Setelah masuk sekolah ia akan butuh alat tulis. Ketika kuliah ia akan membutuhkan computer dan ponsel canggih. Ketika dewasa, ia membutuhkan kendaraan. Dan ketika tua menjelang kematian ia akan membutuhkan lahan untuk pemakamannya. Begitulah hidup, perbedaan usia menyebabkan terjadi perbedaan kebutuhan.

Demikianlah penjelasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia. Dari contoh-contoh di atas dapat kita lihat bahwa kebutuhan manusia tidak sederhana dan dipengaruhi oleh banyak sebab. Semoga bermanfaat.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon