Senin, 27 Februari 2017

Peran Perusahaan atau Rumah Tangga Produksi dalam Kegiatan Ekonomi

Tags

Rumah tangga produksi disebut juga perusahaan. Apa peran perusahaan atau rumah tangga produksi dalam kegiatan ekonomi ? Perusahaan adalah kesatuan teknis yang mengkombinasikan faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Menurut jenis badan hukumnya, perusahaan digolongkan sebagai perusahaan perseorangan, CV, Firma, Perseroan Terbatas (PT), dan koperasi. Menurut lapangan usahanya, perusahaan terbagi menjadi perusahaan agraris, ekstraktif, industri, perdagangan, dan jasa. Peran perusahaan dalam kegiatan perekonomian adalah sebagai berikut :


Sebagai produsen

Peran Perusahaan atau Rumah Tangga Produksi dalam Kegiatan Ekonomi


Sebagai produsen, perusahaan menghasilkan barang dan jasa yang akan dijual kepada konsumen. Misalnya perusahaan roti menghasilkan roti, perusahaan otomotif menghasilkan mobil dan kendaraan lain, serta perusahaan asuransi yang menyediakan jasa asuransi.

Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang menghasilkan barang dengan cara mengambil langsung dari alam, misalnya perusahaan pertambangan minyak bumi, biji besi, nikel, emas, batu bara, berlian dan sebagainya.

Perusahaan industri adalah perusahaan yang menghasilkan barang dengan cara mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Misalnya pabrik rokok, yang mengandalkan tembakau yang dihasilkan melalui kegiatan agraris.


Sebagai Pengguna faktor produksi


Dalam kegiatan ekonomi, untuk menghasilkan barang dan jasa diperlukan komponen-komponen yang disebut faktor produksi. Faktor produksi ini disediakan oleh rumah tangga.  Untuk melangsungkan kegiatan ekonomi, maka perusahaan memiliki peran untuk menyerap tenaga kerja dari rumah tangga agar kegiatan produksinya bisa berjalan dengan lancer tanpa hambatan. Dengan skil yang dimiliki oleh anggota keluarga, maka perusahaan akan mengolahnya dengan faktor produksi lain sehingga menghasilkan barang dan jasa.


Sebagai agen pembangunan


Peran penting perusahaan dalam kegiatan ekonomi yang wajib kita pahami adalah perannya sebagai agen pembangunan. Agen artinya perantara atau pembantu. Sebagai agen pembangunan, artinya perusahaan membantu pemerintah dalam kegiatan pembangunan.

Kegiatan ekonomi (produksi) yang dilakukan perusahaan, dapat memberikan kesejahteraan bagi karyawan perusahaan tersebut, juga bagi warga masyarakat. Pembelian faktor produksi oleh perusahaan mengakibatkan rumah tangga memperoleh pendapatan. Dengan demikian, apa yang dilakukan perusahaan dapat membantu usaha pemerintah denga meningkatkan kesejahteraan rakyat.


Demikianlah penjelasan mengenai peran perusahaan atau rumah tangga produksi dalam kegiatan ekonomi. Perusahaan menyediakan lapangan kerja yang sangat luas kepada masyarakat agar kegiatan perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat untuk kita semua.


EmoticonEmoticon